Hi quest,  Selamat Datang  |  sign in  |  register now  |  lupa password ?

Selasa, 21 Juni 2011

Mengenal Daihatsu Taft

Melirik kendaraan maskulin, tak hanya dimiliki asal pabrikan Eropa. Produksi dari Jepang, seperti Toyota, Suzuki, bahkan Daihatsu punya jago yang legendaris. Bahkan penyerapan pasar untuk variabel mobil bekas juga terbilang tinggi. Utamanya, saat harga bensin maupun solar bersahabat.
Jip keluaran Daihatsu ini memiliki perjalanan panjang di tanah air. Kali pertama diperkenalkan pada tahun 1978-1979 dengan nama Taft yg bermesin bensin 12R (1600CC). Sejak saat itu terus berevolusi hingga variant yg terakhir berinisial Taft GT dan Taft GT pikap pada 1986.
Taft GT mulaiu merangsek pasar Indonesia dengan mesin diesel seperti variant sebelumnya. Hanya saja mesin tak lagi memakai type DG. Kali ini pabrikan berlogo "D" ini memakai mesin DL yg konon lebih bertenaga ketimbang DG meski sama-sama berkapasitas 2800CC.
Selain itu, Taft dg dimensi jauh lebih bongsor ini dipersenjatai transmisi 5-speed. Penggerak roda dipersiapkan 2WD dan 4WD. Selama beberapa tahun, tak ada perubahan berarti pada model dan desain Taft.
Tak hanya yang beratap besi menyatu dg bodi, Taft juga ditawarkan dg variant hardtop bermaterial plastik resin (semacam fiberglass) yg diberi nama Taft Rocky. Pabrikan juga sempat merilis pula variant Taft dg suspensi independent yg kemudian diberi nama G2.
Boleh jadi, Daihatsu Taftdg harga pasaran 35-120 Jt ini merupakan jip diesel legendaris di tanah air dg masa rentang 17 tahun lebih.

Sumber : TDI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar